Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

BERTINDAKLAH SEAKAN-AKAN KAMU MENJADI CONTOH BAGI ORANG LAIN

Kebanyakan orang jaman sekarang mereka bertindak semaunya sendiri, tanpa memikirkan apakah itu baik atau buruk, tanpa memikirkan apakah akan dicontoh oleh orang lain atau tidak. Mereka hanya memikirkan kesenangannya sendiri tanpa memikirkan orang lain. Kebanyakan dari orang egois ketika melakukan sesuatu mereka berfikir “ini hak saya dan tidak ada urusannya dengan mereka” tetapi dari berjuta-juta orang pasti ada salah satu dari mereka yang mencontohnya bahkan bisa menjadi panduan dalam berperilaku.

Apalagi jika sesuatu itu kurang baik sangat cepat sekali ditiru oleh orang lain. Contohnya saja ketika kita menjadi seorang kakak dan kita membolos sekolah dan lebih memilih tidur kemudian ada adik kita mengetahui hal tersebut maka kelak ia pun akan menirunya, dan ketika ditanya oleh ibunya “kenapa kamu membolos sekolah” maka secara akal mereka akan menjawab “kemarin kaka juga membolos sekolah” yang mungkin hal itu tidak disadari oleh kita Tidak kah kita sadari bahwa ketika kita melakukan sesuatu yang baik dan dicontoh oleh orang lain maka kita akan ikut mendapat pahalanya, begitupun sebaliknya jika kita berbuat kejelekan dan itu di contoh oleh orang lain, maka kita akan terkena dosanya juga. Bagi kaum laki-laki ingatlah bahwa kalian kelak menjadi pemimpin yang akan dicontoh oleh anak dan istrimu maka biasakanlah berfikir sebelum melakukan suatu hal. 

Dan bagi perempuan engkau adalah pendidikan pertama bagi anakmu, apa yang engkau lakukan sekarang adalah cerminan bagi anakmu kelak jadi persiapkanlah segala sesuatu untuk menjadi pendidik pertama yang baik bagi anakmu dan lebih berhati-hatilah dalam melakukan suatu hal. Kita tidak hidup sendiri didunia, ada orang-orang disekitar kita yang memperhatikan kita dan bahkan mereka mencontoh perilaku kita. Dari itu kita harus mempunyai pemikiran yaitu “BERTINDAKLAH SEAKAN-AKAN KAMU MENJADI CONTOH ORANG LAIN” agar kita lebih berfikir dalam melakukan sesuatu apa itu baik atau tidak. Karena segala sessuatu yang kita lakukan akan kembali kepada diri kita sendiri.
PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "BERTINDAKLAH SEAKAN-AKAN KAMU MENJADI CONTOH BAGI ORANG LAIN"

Pojok YAPIKA