Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Obat Ketenangan Hidup


“Kasih sayang , saling menghormati, serta selalu berfikir
 positive ialah cara membuat hari hari kita menjadi indah”

Obat Ketenangan Hidup
Cinta dan kasih sayang merupakan fitrah manusia yang sudah ada sejak lahir. Cinta adalah hal yang bersifat abstrak, namun berpengaruh besar dalam hidup. Bayangkan saja jika sudah tidak ada lagi cinta di dalam diri manusia, maka yang terjadi adalah kekcauan yang tiada hentinya, sehingga Allah memberikan rasa cinta it uke dalam diri manusia untuk saling mengasihi antara satu dengan yang lain.
Cinta bukan berarti hanya berhubungan dengan hubungan seseorang dengan lawan jenisnya hingga mencapai kata kesepakatan berumah tangga (pernikahan), tetapi cinta itu termasuk di dalamnya mencintai Allah, mencitai Rasulullah, mencintai orang tua, mencintai saudara, mencintai keluarga, cinta sesama muslim, cinta sesama manusia (termasuk non-muslim), cinta sesame anak bangsa dan lain sebagainya. Cinta tidak terbatas, cinta itu universal sehingga yang hanya bisa menyatukan manusia di dunia ini hanyalah cinta.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
31. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Q.S Ali Imran, 31) Ada kata “tuhibbuna” yang secara bahasa artinya “kalian mencintai”, dalam terjemahan hanya disebutkan kamu tetapi itu dalam bentuk jamak. Di sini disebutkan bahwa jika “kalian mencintai Allah” artinya bahwa mencintai Allah adalah mutlak dengan melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangannya. Agar kita terselamatkan dari siksanaannya, karena Allah itu maha mencintai makhluknya. Menyesatkan diri manusia ke lembah kenistaan adalah manusia itu sendiri.

Sedangkan dalam urusan hak-hak manusia, Al-Qur’an sangat mengedepankan keadilan didalamnya. Dalam ayat lain Allah memperingatkan untuk berbuat adil kepada siapapun
walaupun itu musuh kita. Jangan sampai kebencian membuat kita berlaku tidak adil.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ
 "Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" (Q.S Al-Maidah, 8)

Dan dalam ayat lain Allah menekankan untuk berlaku adil walau terhadap orang tua, keluarga bahkan kepada diri sendiri.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلَىٰ أَنْفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ ۚ إِنْ يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلَىٰ بِهِمَا ۖ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوَىٰ أَنْ تَعْدِلُوا ۚ وَإِنْ تَلْوُوا أَوْ تُعْرِضُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا

"Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan"(Q.S An-Nisa,135)

Al-Qur’an pun sangat menekankan untuk menjaga dan menyayangi anak-anak yatim hingga mereka mampu untuk mandiri. Perlakukan mereka dengan adil seperti kita memperlakukan anak-anak kita.
Dan yang menarik dari ayat ini adalah Allah menjelaskan lima aturan kemanusiaan ditengah membicarakan dua hal prinsip dibidang akidah dan amal yaitu tauhid dan solat.Seakan Allah ingin menjelaskan bahwa keyakinan tauhid dan solat tidak akan berarti tanpa menjaga dan menjunjung tinggi hak-hak manusia. Keyakinan dalam hati harus diaplikasikan dengan kepeduliaan dengan sesama. Sementara hasil dari solat adalah menjaga dan berbuat baik kepada sesama manusia juga.

PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "Obat Ketenangan Hidup"

Pojok YAPIKA